gravatar

Memahami Puisi


Karya Sastra Sebelum kita mempelajari tentang unsur puisi, ada baiknya kita sedikit mengulas tentang karya sastra karena puisi termasuk karya sastra itu sendiri. Selain puisi ada dua macam lagi dari karya sastra yakni prosa dan drama.

Pengertian Puisi
Mungkin kita semua masih belum paham apa definisi dari puisi. Ada beberapa macam definisi yang dikemukakan oleh pakar-pakar sastra dan semuanya beragam tetapi masih satu jalur. Diantaranya adalah sebagai berikut. Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya. Jadi puisi adalah suatu proses kreatif yang dihasilkan oleh penyair yang disusun dengan memusatkan kekuatan bahasa (diksi) dengan unsur-unsur puisi itu sendiri (fisik dan batin).
 

Unsur-Unsur Puisi Unsur-unsur puisi dibedakan menjadi dua struktur, yaitu: struktur batin dan struktur fisik. Unsur batin meliputi tentang pemaknaan sedangkan unsur fisik meliputi bentuknya.

Unsur batin puisi
Unsur batin puisi terbagi menjadi empat macam, yakni:
Tema/makna (sense)
Rasa (feeling)
Nada (tone)
Amanat/pesan (itention)
 
Tema puisi sama dengan tema pada prosa, yakni gagasan dasar umum suatu puisi. Tema ini yang menjadi dasar penyair dalam menciptakan sebuah puisi.
Rasa di dalam puisi adalah rasa yang ditimbulkan oleh pembaca setelah membaca puisi tersebut. Seperti rasa gembira, bersedih, iba, dan lain-lain.

Nada adalah gaya penceritaan atau penulisan penyair di puisinya. Nada di dalam puisi juga beragam, diantaranya adalah nada yang mengguruhi, memberi nasihat, dan lain-lain

Pesan di dalam puisi adalah pesan yang terkandung di dalam puisi tersebut. Sama seperti pesan dalam prosa, yakni kita harus membaca secara keseluruhan puisi baru bisa menyimpulkan apa pesan yang terkandung dalam puisi tersebut.
.
Unsur fisik puisi
Sedangkan unsur fisik puisi terbagi menjadi enam macam, yakni:
Perwajahan puisi (tipografi)
Diksi
Imaji
Kata kongkret
Bahasa figuratif (majas)
Versifikasi
Perwajahan puisi (tipografi) adalah bentuk puisi. Ada berbagai bentuk atau wujud puisi. Ada yang berbentuk seperti huruf Z. Ada yang menyerupai wajah seseorang, dan lain-lain. Itu semua bukan tanpa maksud. Ada makna yang tersembunyi dibaliknya.


Diksi atau pilihan kata. Ini yang menjadi salah satu kekuatan di dalam puisi. Diksi harus benar-benar diperhatikan dalam penyair karena inilah yang menjadi letak menarik atau tidaknya sebuah puisi. Penyair pasti menggunakan diksi supaya orang yang membacanya bisa berimajinasi yang indah.

Imaji sama dengan citraan yakni daya tangkap panca indra ketika kita membaca puisi. Ada beberapa macam dalam imaji diantaranya imaji penglihatan, pendengaran, perasaan, perabaan, dan lain-lain.
Kata kongkret adalah kata penjelas. tujuannya adalah untuk menjelaskan kepada pembaca kata yang ditulis di dalam puisinya.

Bahasa figuratif (majas) atau gaya bahasa.

Versifikasi berkaitan dengan rima atau bunyi akhir sajak. Versifikasi juga terdapat pengulangan akhiran yang sama pada setiap baris puisi.

Berdasarkan letak huruf atau suku kata, rima dibedakan menjadi, yakni:
- Rima rangkai/terus (a-a-a-a)
- Rima silang (a-b-a-b)
- Rima pasang/kembar (a-a-b-b)
- Rima peluk (a-b-b-a)
- Rima patah (a-a-a-b/a-b-a-a/a-a-b-a)



Jenis puisi baru
Menurut isinya, puisi baru dibedakan menjadi 7, yakni:
1. Balada
2. Hymne
3. Ode
4. Epigram
5. Romance
6. Elegi
7. Satire

1. Balada
Balada adalah puisi berisi kisah/cerita.

2. Hymne
Hymne adalah puisi pujaan untuk Tuhan, tanah air, atau pahlawan atau almamater (Pemandu di Dunia Sastra).

3. Ode
Ode adalah puisi sanjungan untuk orang yang berjasa.
                           
4. Epigram
Epigram adalah puisi yang berisi tuntunan/ajaran hidup.

5. Romance
Romance adalah puisi yang berisi luapan perasaan cinta kasih.
 

6. Elegi
Elegi adalah puisi yang berisi ratap tangis/kesedihan.

7. Satire
Satire adalah puisi yang berisi sindiran/kritik.


*download bentuk powerpoint-nya di sini
*download contoh puisi di sini

Catatan cara download:
1. klik tulisan "sini" di atas ini lalu Anda akan masuk ke link adf.ly
2. tunggu selama 5 detik lalu klik "skip ad" di pojok kanan atas.
3. kemudian "klik" download
4. masukan verification code sesuai dengan kode yang ada di sampingnya dan sekali lagi klik "download"
5. selesai

*******
 

Google Translate

Twitter